Mau Tampil Percaya Diri? Lakukan 7 Hal Berikut Ini !

Femalizious,



Pernah nggak sih kalian mengalami krisis percaya diri? Merasa malu, takut dan minder ketika bertemu dengan orang baru atau saat harus tampil di depan umum. Atau tidak percaya diri dalam hal penampilan? Merasa badan kalian terlalu gemuk atau terlalu kurus? *ini sih curcol yang nulis. LOL.
Tenang saja, ternyata masalah ini juga dialami oleh banyak orang kok. Nggak perlu berkecil hati, karena ternyata rasa percaya diri bisa tumbuh bila terus menerus diasah. Orang-orang yang biasa berbicara di depan umum dengan percaya diri, ekspresif dan berbicara dengan lantang itu juga berlatih secara terus menerus. Kemampuan mereka tidak didapatkan secara instan tetapi melalui proses belajar yang panjang. 

Meski begitu, situasi dan kondisi tiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa menyesuaikan diri dengan cepat, ada juga yang lambat. Padahal kadang kita dituntut untuk bisa membangun rasa percaya diri dengan cepat. Misalnya ketika kita tiba-tiba diminta memberi sambutan atau menjadi MC dadakan yang tak mungkin bisa kita tolak.

Terus kita musti gimana dong?Ada nggak sih cara agar kita bisa tampil dengan percaya diri?

Coba deh, lakukan 7 hal ini agar kalian bisa tampil percaya diri.

1] Berdoa
Ketika melakukan kegiatan apapun, mulailah dengan berdoa. Berdoa adalah tindakan positif yang akan membuat kita lebih tenang dan bisa mengendalikan diri di muka umum.
2] Berpikir Positif 
Buang rasa takut, kendalikan diri kita dan katakan bahwa kita mampu. Ganti kata-kata negatif seperti "aku tak bisa" menjadi "aku pasti bisa", "ini sulit" menjadi "ini sangat mudah". Lakukan terus menerus, hingga bisa menaklukkan rasa tidak percaya diri kita.
3] Tersenyum 
Senyuman dapat mengatasi rasa gugup dan tidak percaya diri. Lemparkan senyum pada semua orang yang ada dihadapan kita. Senyuman yang tulus dapat membuat kita merasa lebih baik karena menimbulkan perasaan positif.
4] Jadi Diri Sendiri
Setiap manusia adalah pribadi unik dan berbeda. Tapi perlu menjadi orang lain atau berpura-pura seperti orang lain agar bisa tampil percaya diri. Jadilah diri sendiri apa adanya, tanpa dibuat-buat namun dengan konsep yang baik. Menjadi berbeda akan menjadi nilai plus untuk kita.
5] Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara
Kontak mata dengan lawan bicara akan menghilangkan rasa takut dan rasa tidak percaya diri kita. Tataplah mata semua orang dengan pandangan yang menyapu ruangan sambil tersenyum. Balasan senyuman dari orang lain akan menumbuhkan rasa percaya diri dengan cepat. Dengan kontak mata, kita akan terbebas dari intimidasi maupun rasa stress yang datang seketika saat tampil di depan publik.
6] Jangan Takut Berbuat Kesalahan
Tak ada manusia yang sempurna. Kesalahan adalah hal yang lazim dialami oleh manusia. Bila kita melakukan kesalahan, kendalikan diri kita dan segera meralatnya. Jangan fokus pada kesalahan dan segera alihkan topik.
7] Tampil Bersih dan Rapi
Pastikan selalu berpakaian rapi dan bersih dalam setiap penampilan kita. Tak perlu pakaian bermerk dan mahal. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memantaskan diri ketika berpenampilan. Pakailah pakaian yang sesuai dengan acara yang dihadiri. Penampilan yang rapi terbukti mampu membangkitkan rasa percaya diri kita dengan cepat.

Untuk bisa tampil percaya diri juga butuh proses.  Coba lakukan 7 hal diatas, asah terus kemampuan kita, pasti kita akan bisa tampil dengan percaya diri.

Komentar

Postingan Populer