Cara Mengatasi Jerawat Membandel



Femalizious,

Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang cukup meresahkan. Gimana enggak? Karena jerawat bisa mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Belum lagi tangan kita yang pasti gatal pengen mencet.

Padahal ya tahu sendiri, kita nggak boleh sembarangan memencet jerawat. Apalagi jerawat yang datang rombongan alias rata memenuhi wajah kita. Hadeuh...rasanya pengen ganti wajah, deh.

Tapi kalian nggak usah khawatir, saya punya tips untuk mengatasi kulit berjerawat dan beberapa makanan yang musti dikonsumsi oleh siapapun yang punya masalah dengan jerawat.

Tips mengatasi jerawat

Seorang ahli herbal dari India menyatakan bahwa minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi gangguan penyakit kulit. Salah satunya adalah jerawat dan bekas jerawat.

Penyebab terjadinya jerawat biasanya karena pori-pori kulit kita yang tersumbat. Minyak kelapa yang digunakan tidak hanya membantu membersihkan pori-pori tapi juga dapat mengurangi komedo. Bekas jerawat juga dapat diobati dengan menggunakan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa ini juga dapat digunakan untuk mengurangi bekas luka dan membersihkan kulit kita.

Makanan untuk si pemilik kulit berjerawat


Saat memasuki usia remaja, banyak dari kita bermasalah dengan jerawat. Termasuk saya..hihi. Dulu ketika SMA wajah saya mirip rempeyek. Jerawat di mana-mana. Bahkan ada beberapa orang yang masih berjibaku dengan jerawat meskipun telah memasuki masa-masa transisi menopause.

Ternyata jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, lho. Penyebabnya antara lain seperti stres, polusi, diet yang buruk, metabolisme tubuh yang buruk, hormon yang tidak seimbang serta kadar gula yang tinggi.

Gimana sih, caranya agar terhindar dari jerawat

Salah satu cara mengontrol munculnya jerawat adalah menghindari makanan yang dapat memicu munculnya jerawat. Produk susu, makanan olahan, makanan berminyak dan berlemak serta permen merupakan makanan yang tidak baik bagi kulit berjerawat.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti yang dijelaskan Boldsky, antara lain :
  • Perbanyak minum air putih. kulit kita merefleksikan stres dan racun yang mengendap di dalam tubuh. minum setidaknya 8 gelas air putih per hari berguna untuk mengusir racun, menormalkan metabolisme pencernaan, mengatur keasaman serta memberikan kulit yang berkilau dan kenyal.
  • Mengonsumsi timun. Timun sering juga disebut sebagai sayuran pendingin karena tingginya jumlah kadar air. Selain itu, timun juga mengandung banyak antioksidan, vitamin C dan mineral silika yang baik untuk kulit.
  • Mengonsumsi wortel. Sayuran kaya akan beta-karoten seperti wortel yang mengandung vitamin A berperan penting untuk mengusir jerawat.
  • Mengonsumsi buah beri. Buah beri mengandung banyak antioksidan yang sangat cocok sebagai makanan untuk kulit berjerawat. Antioksidan yang terkandung didalamnya menjaga kulit dari kerusakan dan peradangan.
  • Mengonsumsi teh hijau. Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu mengatur gula darah agar seimbang dan bisa melindungi kulit dari jerawat. teh hijau membantu detoksifikasi dari badan.
  • Mengonsumsi yoghurt. Meskipun produk susu tidak begitu baik untuk jerawat, tetapi yoghurt justru cukup baik untuk kulit berjerawat. Yoghurt berguna untuk menyegarkan dan menutrisi kulit.
  • Mengonsumsi ikan. Kandungan Omega 3 yang terdapat pada ikan dapat menjaga kulit kita dari munculnya jerawat. Pastikan mengonsumsi ikan dengan cara mengukus atau memanggang dengan sedikit minyak agar pencegahan terhadap jerawat bisa maksimal hasilnya.
  • Mengonsumsi biji-bijian. Makan nasi merah atau olahan gandum seperti roti bisa juga dilakukan untuk memperlambat produksi gula dalam tubuh. hal ini jelas bisa mencegah munculnya jerawat yang terus menerus. Selain itu, hindari makanan buatan atau yang terlalu banyak melalui proses masak.
Nah gimana, Femalizious? Ternyata mengatasi jerawat nggak seberat mengatasi patah hati, kaan? 


Komentar

Postingan Populer